Monday, February 29, 2016

Latar Belakang Industri dan Perdagangan


LATAR BELAKANG INDUSTRI DAN PERDAGANGAN

   1.    Kegiatan Perekonomian
Pola yang ada sekarang tentang cara untuk memuaskan kebutuhan merupakan suatu akibat dari adanya proses perkembangan secara histories dalam jangka panjang. Dalam suatu masyarakat yang primitif orang harus memenuhi kebutuhannya sendiri, tidak tergantung pada yang lain. Yang harus mereka penuhi terutama kebutuhan akan makanan, pakaian, dan perumahan. Untuk mendapatkan makanan mereka dapat berburu binatang atau bertani/bercocok tanamdi daerah-daerah yang dianggap subur.

Setelah meninggalkan cara hidup yang berpindah-pindah, mereka mulai melakukan cara hidup yang lebih baik. Kegiatan perdagangan mulai dilakukan setelah masing-masing keluarga merasa kelebihan barangatau peralatan yang dibutuhkan. Jadi sistem perekonomian yang ada masih dilakukan secara barter. Akhirnya mereka merasakan keuntungan dengan adanya pembagian kerja menurut jenis kebutuhannya. Dalam hal ini satu rumah tangga atau keluarga hanya membatasi diri terhadap produksi beberapa jenis barang ini disebut spesialisai (penyebaran secara horizontal). Makin banyak jumlah kebutuhan, makin melebarlah spesialisasi tersebut.

Semakin majunya suatu masyarakat pertukaran barang tidak dilakukan secara barter, tetapi sudah menggunakan alat pembayaran berupa uang. Dengan ini orang dapat memperoleh semua kebutuhannya.
Selain spesialisasi, pertukaran dapat pula ditimbulkan oleh adanya diferensiasi, yaitu dari bahan dasar yang sama terjadi berbagai jenis produk. Di samping proses penyebaran (dispersi), terdapat pula proses penyatuan (konsentrasi) di mana masing-masing kegiatan secara keseluruhan merupakan satu kesatuan. Apabila konsentrasi itu dilakukan secara horizontal, disebut paralelisasi. Apabila beberapa tingkat rangkaian pengerjaan suatu barang yang sebelumnya dikerjakan oleh beberapa perusahaan, sekarang dikerjakan (disatukan) dalam satu perusahaan disebut integrasi (penyatuan secara vertikal).
Pada masyarakat yang sudah maju,barang-barang dan jasa mudah didapat, baik untuk keperluan konsumsi maupun industri. Menurut asalnya, berbagai macam barang kebutuhan dapat diperoleh secara bebas tanpa memerlukan suatu usaha, seperti sinar matahari untuk keperluan penerangan, air hujan untuk minum dan penyubur tanaman. Barang -barang semacam ini disebut barang bebas (free goods). Barang-barang yang bisa diperoleh dengan melalui suatu proses kegiatan (ekonomi) dikelompokkan kedalam 2 golongan yaitu:
a. Barang konsumsi (consumer goods) yang secara langsung dapat memuaskan kebutuhan, dan
b. Barang industri (industrial goods) seperti pabrik, mesin, peralatan dan barang lain yang mendukung produksi barang konsumsi.
Selain itu kedua kelompok barang tersebut dapat dibagi lagi menjadi:
a. Barang tahan lama (durable goods) yang dapat dipakai berkali-kali, dan
b. Baran tidak tahan lama (nondurable goods) seperti bahan mentah, makanan yang dapat dipakai hanya sekali atau beberapa kali saja.

PENGERTIAN PERUSAHAAN

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi
Perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia. Kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai faktor produksi, yaitu manusia, alam dan modal. Kegiatan produksi dan distribusi umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun ada juga kegiatan produksi yang tujuannya bukan untuk mencari laba. Seperti yayasan sosial, keagamaan, dll. Hasil suatu produksi dapat berupa barang dan jasa.

Faktor-faktor yg mempengaruhi iklim bisnis

a. Investasi
adalah penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.

b. Tabungan
Jumlah yang diputusakan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut, tetapi tabungan itu juga sumber untuk investasi modal di masa mendatang. Apa yang penting disini  adalah adanya keteraturan dan keterpercayaan terhadap tabungan sehingga iklim bisnis itu dapat diramalkan.

c.  Pemerintah
berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Melalui kebijakan / kebijaksanaan “fiskal” dan “moneter”.

Kebijaksanaan fiscal : digunkan untuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan permintaan).

—Kebijaksanaan moneter : berkaitan dengan pengelolaan supply uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan. Penggunaan kedua alat tersebut untuk mempengaruhi system bisnis telah meningkat.


Problema bisnis yang dihadapi saat ini
a. Inflasi
adalah suatu kenaikan harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Jenis-Jenis Inflasi
Inflasi ringan, yaitu inflasi dengan laju kurang dari 10% per tahun. Inflasi 
jenis ini masih dianggap wajar.
Inflasi sedang, yaitu inflasi antara 10%-30% per tahun. Inflasi jenis ini              perlu diwaspadai karena bisa meningkat ke tingkat yang lebih parah.
Inflasi berat, yaitu inflasi antara 30%-100% per tahun.
Hiper inflasi, yaitu laju inflasi yang melebihi 100% per tahun.

Penyebab Inflasi
Permintaan masyarakat akan barang lebih besar daripada jumlah barang yang tersedia. Bila permintaan lebih banyak daripada jumlah barang yang ditawarkan, otomatis harga barang tersebut akan naik. Bukankah dalam teori ekonomi dikatakan bahwa semakin langka sebuah barang, harganya akan semakin mahal? Seperti itulah keadaannya.
Kenaikan ongkos produksi karena kenaikan harga bahan baku. Kenaikan harga bahan baku tentu saja akan menaikkan harga barang tersebut.
Permintaan masyarakat akan barang melonjak dan kenaikan ongkos produksi. Penyebab inflasi ini merupakan perpaduan antara permintaan konsumen dan harga produksi.

 Cara Menanggulangi Inflasi 
Inflasi bisa ditanggulangi dengan beberapa cara. Negara yang sudah pernah mengalami inflasi hebat masih bisa bangkit dan berkembang kembali seperti sedia kala. Untuk mengatasi dan menanggulangi inflasi, berikut ini adalah langkah-langkah yang biasanya dilakukan oleh pemerintah.
Mengadakan operasi pasar terbuka. Tujuannya adalah untuk mengurangi peredaran uang yang ada di masyarakat. Cara yang dilakukan adalah menjual surat-surat berharga kepada masyarakat luas. Dengan begitu, jumlah uang yang beredar pun akan berkurang.
Menaikkan tingkat suku bunga (diskonto). Tujuannya sama, yaitu mengurangi jumlah peredaran uang yang ada pada masyarakat. Cara yang dilakukan adalah menaikkan suku bunga bank. Dengan suku bunga tinggi, diharapkan masyarakat akan tertarik untuk menabung dan tidak tertarik untuk mengajukan kredit.
Mengurangi pengeluaran pemerintah. Dengan mengurangi pengeluaran pemerintah, laju perekonomian bisa dikendalikan.
Menaikkan pajak. Hal tersebut termasuk dalam kebijakan fiskal.
Saldo kas minimum. Kebijakan tersebut berasal dari bank sentral untuk bank-bank umum yang mengisyaratkan adanya kas minimum yang harus dimiliki oleh setiap bank. Bila saldo minimum tidak memenuhi persyaratan, bank tersebut dikatakan tidak sehat dan akan dilikuidasi.

b. Produktivitas 
adalah keluaran barang dan jasa per unit tenaga kerja. Untuk meningkatkan produktivitas, orang tidak cukup hanya dengan bekerja kelas, tetapi juga memerlukan peralatan dan metode kerja yang lebih baik. Disamping itu juga diperlukan peningkatan investasi, riset dan pengembangan dan teknik-teknik manajemen yang lebih maju.

c. Pengangguran.
Tingkat pengangguran di Indonesia memang masih terbilang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari minimnya masyarakat yang telah lulus dari perguruan tinggi untuk membuka peluang usaha sendiri.

Rata-rata lulusan perguruan tinggi bangga dengan gelar sarjana yang disandangnya dengan memutuskan untuk mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan swasta, pemerintah dan instansi-instansi pendidikan. Kebanyakan cita-cita mereka hanyalah satu: menjadi Pegawai Negeri SIpil (PNS).

Pandangan seperti itu menyebabkan masyarakat kita berbondong-bondong mengikuti seleksi penerimaan PNS. Setiap tes seleksi penerimaan PNS selalu penuh dengan penggemar yang setia setiap tahunnya mengikuti tes tanpa letih. Padahal, banyak pula di antara mereka yang masih menganggur dan tetap menunggu tes berikutnya tanpa melakukan usaha lainnya guna mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia secara signifikan. 

Pengangguran di Indonesia meningkat pula dengan semakin berkurangnya lapangan pekerjaan bagi mereka yang hanya mendapat pendidikan sampai jenjang sekolah lanjutan atas. Perkembangan zaman yang semakin membutuhkan tenaga ahli di berbagai bidang sesuai spesifikasi keilmuan, menyebabkan para lulusan sekolah lanjutan atas hanya bisa menjadi pegawai toko, buruh pabrik, atau tenaga kebersihan di sebuah perusahaan.

Semakin banyaknya masyarakat yang menyekolahkan anaknya ke jenjang sekolah kejuruan (SMK), membuat lulusan tingkat sekolah lanjutan atas ini memiliki kompetensi. Mereka tak hanya mampu bekerja di berbagai instansi dengan jabatan yang lebih tinggi, namun dapat pula membuka usaha sendiri sebab memiliki keahlian di satu bidang.

Banyaknya lulusan SMK dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia sebab lulusannya memang disiapkan untuk langsung kerja.

Untuk dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, memang tidak harus menggantungkan hidup hanya dengan menjadi pegawai di sebuah perusahaan. Membuat usaha sendiri adalah solusi yang sangat baik dan efektif untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Terlebih bagi mereka yang menyandang gelar sarjana. Sudah sepatutnya bisa membuka peluang usaha sendiri berbekal ilmu yang dipelajarinya selama kurun waktu empat hingga lima tahun.

1 comment:

  1. Maaf Ganggu, sesama umat manusia harus saling membantu
    disini aku ingin memberikan solusi untuk cara mendapatkan
    pundi pundi uang untuk menutupi kebutuhan, ini memang NYATA !!!
    Silahkan bergabung dengan keberuntungan yang melimpah
    di P-O-K-E-R-A-Y-A-M.co dan dapatkan jackpot ratusan juta
    Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu akan menjadi Rumah Mewah
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html